Analisis Perkembangan Slackline Dunia

Posted by on Tuesday, July 16, 2013

Beberapa waktu lalu, aku membuka akun Twitter Slackline Magazine dan menemukan artikel menarik dari situ. Dan tampaknya fakta dan analisis yang disajikan cukup menarik dan patut untuk kalian ketahui. Artikel ebrikut merupakan terjemahan dari artikel yang aku maksud. Kalian dapat membacanya secara langsung di sini. Tentunya dengan versi Bahasa Inggris. Berikut terjemahanku.



 Popularitas Slackline Sedang Menanjak
 

Setiap orang yang menggeluti aktifitas slackline pasti akan mengatakan padamu bahwa aktifitas ini mengalami perkembangan perkembangan pesat selama beberapa tahun terakhir. Dua tahun lalu, saat kami melihat twitter hanya ada segenggam akun yang berhubungan dengan istilah "slackline" dan sekarang kita dapat menemukan ratusan akun dari seluruh dunia. Jadi, apakah kita dapat mengatakan bahwa hal tersebut menjadi tolak ukur meningkatnya popularitas slackline?

Ketertarikan Slackline Dari Waktu Ke Waktu


Adalah lebih menarik jika mencari informasi melalui Google. Google menyediakan trend informasi, dan walaupun hasilnya tidak memberikan kita jumlah yang kita cari secara tepat dan presisi, tetapi akan memberikan pada kita trend, gambaran, maupun perbandingan. Dengan memasukkan kata kunci "slackline", kita akan melihat hasilnya dari seluruh dunia, yang akan menjelaskan pada kita tiga hal.

Pertama, perkembangan aktifitas slackline hanya dimulai pada pertengahan 2008 dan meningkat secara tajam sejak saat itu. Kedua, aktifitas ini menurun pada bulan Desember dan Januari setiap tahun. Dan terakhir, berdasarkan data tersebut trend aktifitas slackline diprediksi akan terus berkembang.

Sebagai catatan, faktor penting yang perlu dipertimbangkan terkait data tersebut adalah bahwa informasi ini berbasis internet, populasi, dan tentu saja ukuran negara. Informasi tentang bagaimana Google Trends bekerja tersedia di akhir artikel ini.

Oke, jadi sekarang kita mengetahui bahwa ada banyak aktifitas dengan kata kunci "slackline" di seluruh dunia serta kapan aktifitas itu terjadi. Tetapi di mana tepatnya? Negara mana pada tingkatan teratas? Amerika? Jerman? Brazil? Well, aku pikir hasil berikut akan mengejutkanmu.

Ketertarikan slackline Berdasarkan Negara

Dalam sekejap, Google menunjukkan tingkatan teratas dunia, negara mana yang lebih aktif (dalam pencarian kata kunci slackline). Secara sepintas, Brazil dan Jerman urutan teratas, namun akan menarik jika kamu melihat lebih dalam.
Saat kamu hanya melihat Jerman, kamu dapat melihat adanya pemisahan antara utara dan selatan dengan lebih banyak aktifitas di Munich. Bagaimanapun, ada ketertarikan terhadap slckline di setiap wilayah.

 Tampaknya ada ketertarikan lebih terhadap slackline di bagian timur Brazil.




Di Amerika tampaknya ada perbedaan yang cukup signifikan di antara negara-negara bagian di Amerika. Wilayah Pantai Timur (East Coast) dan Barat (West Coast) hampir seluruhnya memiliki ketertarikan terhadap slackline, sedangkan pada (negara-negara bagian) yang terletak di tengah negara cukup sulit menemukan ketertarikan tersebut. Dua negara bagian yang memiliki ketertarikan cukup tinggi adalah Utah dan Colorado. Tidak mengherankan jika Moab, Utah menempati urutan teratas mengingat pemandangan mencengangkan yang dimilikinya serta sebuah komunitas slackline yang sangat berkembang. 
 Bagaimanapun, fakta terhadap ketertarikan tersebut adalah tidak satupun nama negara yang muncul pada urutan teratas. Faktanya, dua negara yang muncul pada urutan teratas berkaitan dengan ukuran negaranya, yaitu  Austria dan swiss. 
Jika kita melihat lebih dekat pada Swiss, tampak adanya area di mana terdapat ketertarikan terhadap slackline maupun yang tidak.



Sedangkan pada Austria, tampak bahwa istilah "slackline" di gunakan di mana-mana.
 Satu lagi negara yang perlu mendapat perhatian adlah Inggris, di mana kita dapat melihat pola yang sama dengan Austria.



Jadi Bagaimana Kesimpulannya?

Data di atas menunjukkan bahwa pada rentang waktu antara 2008 higga 2013, terdapat peningkatan yang "tetap dan berkelanjutan" pada ketertarikan terhadap slackline. Tetap dan berkelanjutan lebih penting daripada peningkatan tajam yang namun terjadi secara tiba-tiba yang berarti cepat atau lambat tren itu akan berakhir (Sebagaimana Gangnam Style?). Kita juga dapat melihat bahwa slackline merupakan aktifitas global yang terjadi di seluruh dunia, yang mana terjadi secara dominan di Eropa dan Amerika Latin.

Jadi, bagaimana informasi di atas menurutmu. Apakah fakta di atas menjelaskanmu sesuatu? Terkejutkah kamu dengan fakta di atas?

Cari tahu tentang bagaimana cara kerja Google Trends di sini.

*Sayangnya data Google Trends tidak tersedia berdasarkan masing-masing negara. Jika tidak, aku berencana membuat artikel pembandingnya khusus untuk negara Indonesia*

Leave a Reply