MMTC Video Project : Trickline UGM & Waterline Umbul Ponggok

Posted by on Friday, August 29, 2014


Diawali dari sebuah mention pada akun Twitterku sekitar sebulan lalu, project ini akhirnya terselenggara. Ya, kali ini aku membantu sekelompok mahasiswa dari salah satu sekolah tinggi jurusan  broadcasting di Jogjakarta. Rencananya, dalam tiga hari kedapan aku, Jalom, dan Sadham akan menjadi talent dalam video dokumenter tentang slackline yang mereka buat. Video itu mereka buat sebagai tugas akhir mereka.



Sabtu, 17 Mei 2014. Aku berada di Jogjakarta. Sudah dua hari lamanya. Aku dan Jalom tinggal di rumah rekanku di Kalasan. 

Seminggu sebelumnya, kami memiliih dan mensurvey beberapa spot di Jogjakarta yang kira-kira menjadi icon atau landmark kota. Sayangnya, beberapa spot yang cukup dapat mewakili kota Jogjakarta tidak memungkinkan  untuk diasang line. Kendala lainnya adalah perijinan yang tidak bisa didapat oleh tim produksi.


Pilihan jatuh pada halaman kampus Kehutanan UGM sebagai tujuan di hari pertama. Di hari kedua, kami memilih Umbul Ponggok di Kota Klaten, sedangkan untuk hari ketiga kami mengambil tempat di Pantai Siung Jogjakarta. 

Hari pertama kami mengambil gambar di Kehutanan UGM yang difokuskan untuk mengambil footage trickline. Sadham menjadi talent utama untuk hari pertama ini. Sadham cukup percaya diri, namun tidak ada matras membuatnya tidak bisa beraksi maksimal. Maklum saja, landasan di bawah line adalah paving blok solid. 


Di tempat ini kami hanya mengambil satu spot, tiga kamera, dan trick-trick dinamis dasar yang dicombo-kan Sadham. Mulai dari butt bounce, chest bounce, mojo tap spin, squirel grab, cross garb, backside butt bounce, truck driver, dan perpaduannya. Ya, memang dengan kondisi ini Sadham tidak bisa beraksi 100 persen. 




Di tengah semangatnya yang sedang on fire, ia hanya bisa menyalurkan separuh hasratnya. :)

Umbul Ponggok

Minggu, 18 Mei 2014. Berhubung aku sedikit lelah, aku skip dulu kisah kali ini. Terlebih tidak adanya dokumentasi yang memadai. Saat itu kami semua fokus pada pengambilan gambar, jadi tidak ada yang memotret. 

Tetapi bisa dibilang dua alasan tersebut adalah apologisku karena jujur saat ini otakku sedang buntu untuk mencoba mengingat kembali momen-momen saat itu dan menceritakannya pada kalian. Tentu saja nantinya jika aku memiliki waktu luang, aku akan menceritakan kembali saat itu. :p

Leave a Reply